Selasa, 18 September 2018

5 Cara Optimalkan Performa Laptop Komputer Sebelum Bermain Game


Pernahkah kamu kesal karena kamu bermain game dengan grafik Mid-High tapi hanya mampu Low karena PC/Laptop yang tidak mendukung kebutuhan kita. Padahal ada game yang ingin dimainkan dengan kualitas maksimal agar puas saat memainkannya.

Nah kali ini saya mempunyai beberapa tips untuk optimalkan atau meningkatkan performa laptop/komputer sebelum digunakan untuk bermain game. Dengan kamu menggunakan cara ini maka perangkat akan bekerja keras.

Cara Tingkatkan Performa Laptop atau PC Sebelum Main Game


Semua cara yang saya bagikan adalah pengalaman yang pernah dicoba pada pc saya karena secara pribadi pernah mengalami hal serupa. Langsung saja simak dibawah ini.

1. Gunakan Game Booster
Kamu bisa gunakan aplikasi pendukung seperti Game Booster karena saya pernah mencoba aplikasi tersebut dan performa game pun sedikit lebih baik karena software GB membantu untuk mematikan aplikasi tidak penting yang berjalan di dekstop sehingga kinerja RAM dan CPU hanya berfokus pada game tersebut. Aplikasi yang pernah saya coba adalah Razer Cortex, kamu dapat mendownload secara gratis di situs resminya.

2. Manfaatkan CC Cleaner atau Sejenisnya
Kedengarannya emang gak berefek pada performa game tapi penggunaan aplikasi ini sangat berpengaruh bagi saya karena aplikasi seperti dapat menghapus atau membersihkan fil-file sampah yang tidak berguna sehingga menumpuk yang dapat memakan memory harddisk sehingga kinerja perangkat kita semakin menurun.

Seperti langkah pertama, software ini juga dapat menutup aplikasi yang tidak penting pada dekstop sehingga penggunaan RAM menjadi lebih sedikit.

3. Hapus Widget yang Tidak Penting
Memang dengan kita menambah widget kedalam dekstop maka tampilan background akan lebih indah dan menarik serta mempermudah pekerjaan tetapi tidak semua widget itu bagus untuk digunakan karena setiap kita menambah widget maka kinerja CPU akan lebih banyak digunakan dan memakan banyak RAM.

Saya sarankan untuk jangan memakai widget terlalu banyak jika memiliki spesifikasi yang rendah kecuali spek kamu tinggi maka kamu dapat memasangnya sesuai keinginan.

4. Lihat Kondisi Fisik Laptop/Komputer
Jangan menyepelekan kondisi fisik suatu laptop atau komputer kamu karena kondisi yang kurang diperhatikan merupakan salah satu faktor terjadinya masalah pada perangkat. Rajinlah membersihkan laptop atau isi cpu jika berdebu yang dapat mengakibatkan laptop kamu cepat panas dan beberapa komponen tidak berfungsi yang semestinya.

Kinerja CPU dan RAM akan terganggu jika suhu pada perangkat kamu melebihi batas yang membuat kamu mengalami lag dan stuttering. Kami sarankan untuk kamu memasang cooling pad atau cooling fan yang terbukti bukan abal-abal agar mengurangi suhu panasnya.

5. Optimalkan Kinerja VGA 
Di era zaman sekarang, setiap laptop/pc pasti dilengkapi vga card seperti NVIDIA dan AMD yang berfungsi untuk mengolah sebuah gambar atau grafik agar lebih jelas dan jernih. Nah, sebelum kamu bermain game sebaiknya kamu harus mengaturnya melalui NVIDIA GeForce Experience atau lewat Nvidia Control Panel jika kartu grafis kamu merk tersebut.

Itulah tips meningkatkan performa laptop/komputer sebelum kamu gunakan untuk bermain game. Jika memang spek kamu tidak memenuhi bermain game berat maka jangan dipaksa karena dapat merusak komponen didalamnya sebaiknya kamu memiliki spek yang setara dengan game tersebut.

Artikel Terkait

Load comments